Rabu, 03 Oktober 2007

naik motor, ngirit atau tambah boros???


ini sih cuma sekedar iseng buat bandingin kalo naik motor buat kerja di jakarta lebih ngirit atau malah tambah boros.. cara ngitungnya sih juga ngasal aja, jadi kalo ada kurangnya tolong diedit..

range waktu aku mulai hitung adalah 15-30 september alias 15 hari, aku hitung mulai dari tanggal 15 september soale itu tanggal motorku nyampe bogor. dari range waktu di atas, ongkos buat beli bensin aku hitung-hitung (tiap beli bensin aku catet sih..) sekitar Rp. 105.500,- dengan asumsi aku lebih sering menggunakan pertamax yang notabene seliternya Rp. 6.150, kadang juga pakai pertamax plus (Rp. 6.400,-). ongkos selanjutnya adalah angkos parkir sekitar Rp. 15.000,- buat parkir di parkiran IPB baranangsiang, kosanku ga bisa menampung motor hiks hiks... lalu ada ongkos steam, anggap aja tiap 5 hari sekali, so sekitar Rp. 18.000,-. apa lagi ya.. bingung nih.. so semua sekitar Rp. 138.500,- atau pahit-pahitnya anggap aja Rp. 140.000,-. oh iya.. tempat kerjaku di daerah antasari, cipete, jaksel.

Nah.. kalo kerja sambil naik angkutan umum, aku hitung kayak gini. naik bis kp. rambutan 4.500,- atau 6.000,- nyambung metromini 605, Rp. 2.500, pulangnya juga segitu juga. jadi PP sekitar Rp. 14.000 atau Rp. 17.000. so dengan 11 hari kerja total diperkirakan sekitar Rp. 169.000,- = ((14.000*6)+(17.000*5)).

ternyata selisihnya dikit banget ya.. cuma Rp. 29.000,-. tapi... ternyata itungan itu terlalu kasar, ternyata kalau pakai motor, hajar bleh!!, mau ke tempat ihyak atau icus tinggal weerr.. kalo yang ini ga boleh dihajar haha.., ke puncak?? WJ?? darmaga atau ke ciampea?? boleh juga.. dan ternyata biaya bensin udah masuk ke yang Rp. 140.000,-. jadi biaya ongkos buat angkutan juga ga hanya Rp. 169.000,- dong.. atau dengan kata lain lebih meledak!!! berarti ngirit doongg..??? ya iyalah... selain ngirit duit juga ngirit n bisa ngatur waktu, mau pulang jam berapa pun hajaarrr..

but.. don't forget.. berapa banyak gas karbon (di/mono) oksida yang aku telan selama 15 hari ini? berapa banyak pula energi yang terbuang buat mantengin jalanan..?? (kalo naik angkutan bisa tidur pules..) dan kalau kayak gini diterus-terusin aku juga ga tahu sampai kapan badanku sanggup bertahan. sekarang tinggal pertanyaannya,(kata temen sekamar gw) "tinggal di kasih harga berapa badan kita ini??"

Oh iya.. hampir lupa.. ternyata bawa motor itu pakai modal lho.. juga n ga sedikit lagi.. sampai teler juga aku. harus beli helm"standart", rompi buat pelindung dada, masker, raincoat, sarung tangan, kunci pengaman motor ...etc. atau kalo perlu beli peta biar ga kesasar haha.. dan ternyata habisin duit ga sedikit booo...

tapi untuk saat ini mungkin ini jalan yang lebih nyaman buatku.. aku masih butuh duit.. aku juga butuh mobile (bogor-kantor-kebayoran lama).. aku juga merasa nyaman.. (ga perlu bete karena nunggu bis n kena macet total).. ya.. sementara ini, biarlah kukorbankan paru-paruku untuk menghirup CO or CO2 tiap hari.. atau rela pulang-pergi kantor ga tidur di angkuatan.. atau juga kuambil resiko lebih besar dalam perjalan ini. semoga saja tetep hati-hati n ga terlalu memaksakan diri kalau lagi naik motor, apalagi kalo sambil melamun.. kalo ini super gawat..bisa-bisa.. tau-tau udah di kolong truk atau bus.. n wassalam..

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Who knows where to download XRumer 5.0 Palladium?
Help, please. All recommend this program to effectively advertise on the Internet, this is the best program!