Senin, 08 September 2008

“puasa ..oh puasa”

(masih) hari ke-delapan ramadhan 1429 H

“bos, buat apa sih kita puasa?? cuma dapet lapar n haus doang, mending kan kita kalo ngerasa laper ya makan, ngerasa haus, ya minum.. kok harus dibikin susah”

pertanyaan di hari pertama di bulan ramadhan kali ini.. “yah kalo aku belum tahu maksud dan artinya puasa, ngapain aku puasa??” kalo cuma saur-niat-haus-laper-teler-males (ketemu bedug maghrib, jadi rakus kayak kucing ketemu ikan asin), dari tahun ke tahun mah juga udah seperti itu.. ga ada progress..

coba deh, apa coba artinya puasa??
biar bisa ngerasain lapernya orang miskin - terus kenapa kalo bisa ngerasain “laper” nya orang miskin?? ..atau biar bisa latihan menahan amarah dan nafsu – terus kenapa kalo waktu puasa bisa nahan emosi?? (bisa nahan emosi ya karena lemes) ..atau jadi ajang memperbanyak ibadah – terus apa hubungannya laper2an sama memperbanyak amal ibadah??

terus, apa coba artinya puasaku??
“apakah puasaku hanya untuk meruntuhkan kewajiban??” ..atau “apakah puasaku hanya mendapat lapar dan dahaga saja??” (kok pake nanya?? pilihannya ya cuma itu, dua-duanya jadi jawabannya lagi..)

Sabda Rasulullah SAW, ''Orang berpuasa itu memiliki dua kebahagiaan, pertama ketika berbuka (di dunia), dan kedua kebahagiaan ketika bertemu dengan Tuhan di akhirat kelak.'' (HR Bukhari, Muslim, Tarmidzi, Nasa'i, Ibnu Majah, Ahmad, dan Ad-Darimi)

"puasa yang bagaimana??"

Tidak ada komentar: