Senin, 24 September 2007

sisihkan waktu untuk "merenung" II

(renungan sepanjang jalan menuju kampus)

“tahu ga roi? kemaren kan gw kena tilang” teriakku sambil berlalu berangkat kerja. “haha.. kena berapa?” balas si gondrong roi. “8 ribu haha..” balasku dari depan rumah pak otong, dan akupun berlalu.. hanya terdengar teriaknya “murah banget??” dan tak terdengar lagi suara tawa renyah si roi. aku berjalan setengah berlari mengingat pagi ini aku agak terlambat bangun, belum ngisi bensin, jalanan pasti macet pagi ini, kemaren ninggalin kerjaan di kantor, ah tambah kenceng saja aku bejalan menuju tanjakan depan masjid as-syifa (inget jaman kuliah dulu.. sama orang2 hobi telat).

di sepanjang jalan itu, meski tau aku agak stress tetap tak mampu menghilangkan senyum di pagi itu, “itu yang kusuka jika kupulang ke bogor, kutemukan udara segar, kutemukan pagi yang ceria, lelah hatiku sedikit terobati dengan bersua sahabat-sahabat yang norak bin ajaib haha...”. dan senyumkupun makin lebar mengingat apa yang dikatakan pak ustadz rio entah tadi malam atau saat saur tadi “aku juga ingin hidup ga biasa-biasa, bosen hidup yang biasa-biasa terus”.

haha.. gara berawal dari pertanyaan bos rio tentang apa artinya “becik ketitik olo ketoro”, dan berujung kesimpulanku kalo sebaiknya kita hidup ini yang lurus-lurus aja, “kalo kita lakukan kesalahan, walau ditutupin kayak bagaimanapun tetep aja suatu saat ketahuan juga” (kalo yang ini berdasar pengalaman pribadi juga lho hehe…). tapi bagaimanapun, yang namanya ustadz rio aja sampe bilang kayak gitu.. berarti aku juga wajar kali ya kalo selama ini sering berpikir untuk melakukan hal yang agak extreem, cuma kalo di pikiranku “buat” yang estreem selalu extrem yang identik dengan amar mungkar (maaf, tiada maksud mengutak-atik dan mempermainkan kalimat "amar ma'ruf nahi mungkar")

yang namanya kebosanan dan keinginan menurutku adalah sudah menjadi kodrat yang dimiliki hampir semua manusia, walau tak menutup kemungkinan ada beberapa manusia yang "luar biasa", yang telah mampu menahan nafsu “ingin” (atau apalah istilahnya…), pokoknya bagiku tetep aja ada orang-orang kayak gitu, yang hidup di dunia ini seperti tak butuh apa-apa lagi.. selalu mampu bersyukur dan qona'ah dengan apa yang dilimpahkan Allah padanya. (wallahu’alam, aku juga ga ngerti terbuat dari apa hati orang-orang seperti mereka)

dan bagi orang seperti aku ini, manusia yang masih jadi permainan nafsu, emosi dan ego diri, yah.. yang namanya bosan, mengeluh, dan selalu merasa kurang.. bukan hal asing lagi.. setia mengisi hari-hariku.. setia mendiami setiap relung hati dan perasaanku.. aku mungkin telah baca berbagai cerita dari sang maestro “kho ping ho”, tentang wejangan-wejangan, pandangan hidup, dan renungan-renungan tentang hidup. aku juga tahu tentang “kitab suci-ku” sebagai pedoman dan amalan-amalan hidup yang sempurna. tapi...

tapi.... seperti saat ini....

tetep aja “bajingan” atau “bangsat” masih kerap dan menghiasi mulut ini, emosi kadang susah dikendalikan, ego masih berkuasa di hati, atau seringkali merasa diri tak berharga dan tak punya apa-apa, yah.. yang namanya perasaan iba diri memang kadang tau-tau “mak bedhundhuk” muncul menyapa hati kala hidup terasa tak adil bagi diri ini. atau seperti juga “ingin” yang ektrem tadi, kerapkali muncul terdorong nafsu atau ego diri seolah-olah aku tak tahu kalo di dalam hidup ini ada “becik ketitik olo ketoro” atau “manungso bakalan ngundhuh opo sing ditandur”.

mungkin kalo hati lagi konyol, paling klepas-klepus karo ongkang-ongkang “lha wong iki awak-awakku dewe, ora ono urusane karo kowe.. opo karo wong liyo.. aku arep nyolong, arep ngruda paksa wong wedok.. opo arep mateni uwong, yo sing entuk balese awak-awakku dewe, sing enthuk hasile yo awak-awakku dewe.. t** kowe arep mbac*t opo., mlebu penjoro yo awak-awakku dewe, arep ditembak pak polisi yo sing ditembak awakku dewe.. (syukur2 iso mlayu haha…). (kadang kepikiran...) opo esuk iki tak kebut K **** DD, hajar aja tronton angkut semen di kecepatan 125 km/jam, paling ndasku ajur trus.. modhar, wassalam urip neng ndonya. bosen urip koyo ngene terus, ora ono penake, mung ono sengsorone trus, mosok urip mung dadi begundal karo dadi keset sing ora ono artine..” (betul ga pak ustadz roi?? urip iki mboseni tur mung gawe emosi wae..)

ya udahlah.. jalani hidup apa adanya aja.. mau cepet mati ya ga apa2, mau matinya ntar-ntar ya disyukuri, siapa tahu bisa belajar tentang hidup dan yang menciptakan hidup. see u later guys

2 komentar:

c.git mengatakan...

mm...mampus.
seharusnya, kita lebih banyak melihat ke bawah, ke orang2 yang lebih sengsara dari kita..
fiuh..
tapi emang bener juga kata lu tik, gw aja ngerasain bgt, semakin tua, kok gw malah semakin matrealistis yah.. gw mengukur kebaikan orang sekarang selalu dengan materi..
ngerasa ga ada orang yg mau bantu gw dengan ikhlas sekarang..
semakin gw mempunyai barang2 yg gw anggap mewah dulu, semakin gw pengen barang lain yg lebih mewah..

hah.
kadang, hanya pas nanjak gw ngerasa menjadi diri gw sendiri..
ya rabb..

Anonim mengatakan...

ehhhmmmm...emang udah watak manungso...klo udah punya ini..pengen punya yang lebih dari ini...klo udah punya juga..pengen punya yang lebih lebih dari ini...kagak pernah puas..padahal klo sudah kita punyai..biasa-biasa aja tuh rasanya...coba deh...