Kamis, 13 November 2008

ksatria pembela kurawa – raden narasoma

masih ingat dulu, waktu mendengarkan bapak bercerita tentang “pewayangan”, tokoh ini, tokoh itu.. raden ini, raden itu.. haha.. paling aku cuma bengong, nangkepnya ya cuma pandawa lima musuh duryudana-dursasana..

kalau tentang perang bharatayudha, selalu saja menimbulkan pertanyaanku, “kenapa bhisma rela bela pati untuk kurawa??” juga arya widura, resi dorna dan prabu salya berada di pihak kurawa..

bukankah kurawa itu lambang kemungkaran, kebiadaban dan keserakahan?? yang pasti mereka punya alasan sendiri-sendiri, dan itu sudah menjadi kehendak sang hyang guru.

kemaren lusa aku baru selesai membaca “ksatria pembela kurawa – raden narasoma”, buku karya pitoyo amrih, ya.. narasoma adalah nama muda dari prabu salya, prabu besar yang berbudi luhur penguasa kerajaan mandraka. ksatria besar dengan bekal ajian candrabirawa, ajian tanpa tanding, ajian yang hanya kalah oleh orang yang melawan tanpa apa-apa.

seorang ksatria besar dari kerajaan besar yang terjebak keadaan (red: sangkuni) untuk membela kurawa. bukan membela yang mungkar atau keserakahan, tapi disinilah letak kebijakan seorang salya.. seperti halnya sang bhisma, sang bijaksana, yang telah memilih untuk mati ditangan titisan sang dewi amba

setelah bhisma menyerahkan jiwa ditangan srikandi dan adipati karna tertembus pasopati, prabu salya maju sebagai panglima perang kurawa. maju ke medan perang dengan harapan berhadapan dengan sang samiaji, putra sulung pandu, pemilik kalimasada atau ajian yang berupa penyerahan diri seutuhnya pada yang maha kuasa.

disitulah sang narasoma menjemput ajal, putra sang mandrapati, murid kesayangan resi bagaspati, dan pemilik candrabirawa yang terakhir. seorang putra mahkota yang memilih mengembara dan berbaur dengan rakyat jelata hanya untuk mendalami kehidupan, menemukan kebijakan, dan menaklukkan keangkuhan dan kesombongan diri.

-- di dalam setiap cerita (lelakon urip) tersimpan sejuta pelajaran, jangan pernah menyerah, dan berusahalah untuk menemukan setiap pelajarannya.. dan pandanglah semuanya dengan lebih dalam --

1 komentar:

Anonim mengatakan...

After exploring a ffew of the articles on your site, I honestly like your way of blogging.
I saved as a favorite it to my bookmark site list and will be checking back
in the near future. Please check out my website
as well and tell me how you feel.

Feel free to surf to my web blog - Electronic Cigarwttes From South Beach Smoke
Is An Ideal Match For Smokers ()