Senin, 25 Agustus 2008

"ikan koki-ku"


innalillahi wa innaillaihi raji’uun, telah berpulang ke rahmatullah dengan tenang, 1 ekor ikan merah yang di aquarium”, itu sms yang masuk ke sony ericsson-ku sore ini.

sempet kaget juga baca kalimat awalnya, sempet senyum bentar, tapi ya akhirnya tetep aja sedih. kemaren coba lagi melihara ikan. aquariumnya mbah kakung aku isi ikan-ikan mungil 25 ekor sama 6 ikan koki berperut gendut, batu dan karang-karang masih kupakai dari bekas aquariumku yang dulu. minggu malem habis isya meninggal satu ikan koki. yo piye meneh, waktu aku masukin aquarium dia udah megap2, habis itu berenang-renang telentang, perut gendut nya diatas. pertolongan pertama-ku tak berhasil juga membuat dia membaik, dan blom sempat aku pasang heater, halah.. wis kebacut modar..

sore ini dapet report dari mbah kakung, 1 ekor lagi meninggal, “kari papat dong mbah iwakku??”, kenapa yah kok pada mati?? apa kualitas airnya ga mendukung?? kalo dari salinitas aku belom tahu juga, karena sebelum aku kasih ikan, airnya aku kasih garam pencegah penyakit (tapi itu seminggu yang lalu). kalo dari suhu kayaknya nggak deh, meski memang bogor sore itu dingin banget habis hujan. dari kandungan oksigen?? sudah aku pasang aerator dan ada tumbuhan air buat pasokan oksigen. dari kebersihan harusnya nggak dong, filter dah aku jalanin selama seminggu sebelumnya..

terus apa yang bikin pada mati?? mungkin daya tahan koki itu yang agak lemah, daya adaptasi dengan lingkungan barunya juga mungkin cukup rendah.. tapi ya sudahlah. kalo memang mortalitas ini masih berlanjut, mungkin heater-ku bisa jadi solusi, dan dengan tambahan lampu ultra buat ngedukung pasokan oksigen pasti bisa memperbaiki kualitas airnya..

aku tunggu saja, apa yang terjadi seminggu lagi, tepat saat aku pulang lagi ke bogor..
see u next week my koki..

Tidak ada komentar: